Skip to main content

Bahasa Inggris Kelas 7 Tema Greeting Pebelajaran Abad 21

coretanya ceuceu
                     
Hai adik-adik kelas 7, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga sehat selalu dan bersemangat dalam belajar ya. Dalam Pembelajaran Abad 21 dengan Tema yang pertama kali di pelajari dalam pelajaran bahasa Inggris kelas 7  yaitu  Greeting atau menyapa sesuai dengan materi yang tercantum pada materi pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum 2013 yaitu: peserta didik belajar melakukan komunikasi lisan dan tulis dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) berterima kasih, dan (d) meminta maaf, serta menanggapinya, sangat pendek dan sederhana.


Baiklah untuk lebih jelas lagi tentang materi greeting atau menyapa, bagaima respon yang diperlukan untuk interaksi dalam greeting atau menyapa akan dijelaskan dalam 3 versi sebagai berikut.


Versi 1
Pihak  1: Good mornig/afternoon/evening. How are you?
               (selamat pagi/siang/sore. Bagaimana kabar mu?
Pihak  2: I'm fine, thank you.
               (saya baik, terimakasih)

Versi 2
Pihak 1 : Good morning/afternoon/evening.
               (selamat pagi/siang/sore)
Pihak 2:  Good morning/afternoon/evening. How are you?
               (selamat pagi/siang/sore. Bagaimana kabar mu?)
Pihak 1 : I'm fine, thanks
               (saya baik, terimakasih)

Versi 3
Pihak 1 : Good morning/afternoon/evening.
               (selamat pagi/siang/sore)
Pihak 2 : Good morning/afternoon/evening.How are you?
               (selamat pagi,siang,sore. Bagaimana kabar mu?)
Pihak 1 : We are fine, thank you
               (kami baik, terimakasih)

Berikut adalah gambit-gambit  yang digunakan dalam greeting atau sapaan beserta respon.

Greeting
  • Hello/Hi! (Helo/hai)
  • Good mornig (selamat pagi)
  • Good afternoon (selamat siang)
  • Good evening (selamat sore)
  • Good night (selamat malam)
  • Hello, how are you? (Halo apa kabarmu?)
  • How are you doing? (Apa kabarmu?)
  • How do you do ? (kalimat sapaan jika kita belum pernah bertemu dengan orang itu sebelumnya)
  • Nice to meet you? (senang bertemu dengan mu)
  • What's up? (Apa kabarmu)
Response
  • Hello/Hi! (Halo/hai)
  • Good morning (selamat pagi)
  • Good afternoon (selamat siang)
  • Good evening ( selamat sore)
  • Good night (selamat malam)
  • I'm fine thank you (saya baik, terimakasih)
  • I'm very well thank you (saya sangat baik, terimakasih)
  • How do you do ? (kalimat sapaan jika kita belum pernah bertemu dengan orang itu sebelumnya)
  • Nice to meet you too (senang bertemu dengan mu juga)
  • Just fine, thank you (baik-baik saja, terimakasih)
  • Great thanks (luarbiasa, terimakasih)
  • Pretty well.what about you? (sangat baik, bagaimana dengan mu?)
  • Good to see you to (senang bertemu dengan mu juga)
Catatan:
  • Good morning digunakan dari jam 00.00 s/d 12.00 (jam 00 dini hari sampai dengan 12 siang)
  • Good day/noon diucapkan jam 12.00
  • Good afternoon digunakan dari setelah jam 12.00 s/d 18.00
  • Good evening dipakai dari jam 18.00 s/d 24.00(00.00)
  • Good night digunakan untuk mengucapkan selamat berpisah/selamat tidur
  • P.m (Post merediem)= dari jam 12.00 siang s/d 24.00 malam
  • A.m (Ante merediem) = dari jam 24.00/00.00 s/d 12.00 siang
  • Di Indonesia menggunakan jam sistem 24 jam sedangkan di Inggris/Amerika menggunakan sistem 12 jam dengan menggunakan a.m dan p.m untuk membedakan malam dan siang.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai